Langsung ke konten utama

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Lengkap

Wabah Covid-19 telah memaksa pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh. Para guru dan siswa tidak bisa bertatap muka secara langsung. Mereka harus melakukan pembelajaran yang dipisahkan dengan jarak, tidak bisa berkumpul dalam ruang kelas.

kumpulan modul



Para guru dan sekolah melakukan berbagai cara agar layanan pendidikan tetap diberikan dengan maksimal kepada para siswa. Para guru dituntut untuk berkreasi. Dalam hal ini, kecanggihan teknologi informasi sangat membantu, seperti tersedianya kelas dalam jaringan (daring) yang difasilitasi oleh penyedia aplikasi baik gratisan atau berbayar seperti Zoom dan Google Meet atau Google Classroom, adapula aplikasi yang khusus disediakan untuk pembelajaran, seperti rumah belajar yang dirilis Kemendikbud, atau beberapa aplikasi lain yang dikeluarkan oleh pihak swasta, seperti ruang guru, zenius, google classroom dan sebagainya.

Bagi siswa yang memiliki sumber daya yang mencukupi, penggunaan teknologi informasi tidak menjadi masalah. Tetapi, bagi para siswa yang dirundung berbagai keterbatasan, hal ini dirasa menyulitkan. Banyak diantara mereka yang masih memilih untuk disediakan jalur konvensional atau manual. Untuk menyikapi hal ini sekolah memberikan layanan khusus, seperti program gurling (guru keliling) di daerah yang cenderung aman oleh virus, dan didukung dengan penyediaan modul belajar mandiri.

Dengan modul, para siswa bisa belajar sendiri. Mereka bisa langsung melaksanakan pembelajaran dengan mengikuti arahan yang disediakan oleh guru atau pembimbing dalam modul. Setidaknya, modul harus memuat tujuan pembelajaran, ringkasan materi, latihan dan evaluasi. Dalam kondisi khusus seperti wabah, modul diupayakan tidak memberatkan, dikemas secara sederhana dan mudah dipahami.

Berikut penulis bagikan informasi seputar pedoman penyusunan modul belajar, kumpulan modul pembelajaran:

  1. Kanal yang dibuat kemendikbud khusus menghadapi pandemi korona, silahkan klik di sini.
  2. Kumpulan modul untuk jenjang SD yang disusun oleh kemndikbud, bisa langsung didownload di sini.
  3. Modul Digital Kemendikbud, bisa diakses di sini.
  4. Kerangka penyusunan modul Paket C, bisa diakses di sini. 
  5. Teknik penyusunan modul UNY, bisa dibaca dan didownload di sini.
  6. Kumpulan Modul JENJANG SMP / MTS :

Silahkan download dan bagikan semoga bermanfat.

Isi modul yang ada dalam postingan ini akan diupdate secara berkala, agar selalu menjawab kebutuhan terhadap modul pembelajaran. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PAI SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 9

RPP PAI SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi bagi kelas 9 akan penulis bagikan secara gratis. Pengunjung dapat langsung mendownload RPP PAI SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi bagi kelas 9 dan RPP Selembar Kurikulum 2013 bagi kelas 9, pada link yang sudah disediakan di bagian bawah artikel ini. 

Ringkasan PAI SMP Kelas 9 Lengkap

Pada postingan ini akan dibagikan informasi mengenai materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi kelas 9 SMP secara lengkap. Dari mulai bab pertama sampai dengan terakhir, sesuai dengan yang tercantum dalam buku paket siswa dan Kompetensi Dasar yang dirilis oleh Kemendikbud. Untuk menuju materi yang dimaksud, bisa langsung diklik dalam daftar isi berikut ini: Bab 1 Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri Kebiasaan Buruk Bab 2 Jujur dan Menepati Janji Bab 3 Menuai Keberkahan dengan Rasa Hormat dan Taat kepada Orang Tua dan Guru Bab 4 Zakat Fitrah dan Zakat Mal Bab 5 Dahsyatnya Persatuan dalam Ibadah Haji dan Umrah Bab 6 Kehadiran Islam Mendamaikan Bumi Nusantara Bab 7 Meraih Kesuksesan dengan Optimis, Ikhtiar dan Tawakal Bab 8 Beriman kepada Qada' dan Qadar Berbuah Ketenangan Hati Bab 9 Mengasah Pribadi yang Unggul dengan Tata Krama, Santun, dan Malu Bab 10 Menyayangi Binatang dalam Syariat Penyembelihan Bab 11 Akikah dan Kurban Menumbuhkan Kepedulian Umat  Bab 12 Menelusuri Tradisi...

Materi PAI SMP Kelas 9: Menelusuri Tradisi Islam di Nusantara

1. Peta Konsep 2. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi ini, peserta didik mampu: a. Menjelaskan tradisi  Nusantara sebelum Islam dengan benar. b. Menjelaskan Akulturasi budaya Islam dengan benar. c. Menjelaskan cara melestarikan tradisi Islam Nusantara dengan benar. d. Mengambil hikmah mempelajari tradisi Islam Nusantara dengan benar. e. Berperilaku melestarikan tradisi Islam Nusantara dalam kehidupan seharihari dengan benar.